Hai semua, berikut ini bentuk visualisasi orbital s, p, d, f.  Buat kamu yang pengen gali ilmu, silahkan melihat konten di bawah. Check in here... terimakasih...

https://www.youtube.com/watch?v=CP35NuspGlk

Permasalahan : Apa yang menyebabkan orbital s, p, d, f berbeda-beda?

Komentar

  1. Apa teori yg melandasi visualisasi orbital spdf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teori Atom Modern, Bentuk Orbital, Konfigurasi Elektron, Bilangan Kuantum - Hukum-hukum mekanika klasik seperti Hukum Newton

      Hapus
  2. asalamualaikum wr.wb vidio nya sangat membantu saya dalam menambah wawasan , dan saya ingin bertanya . tolong jelaskan perbedaan orbital s dan d ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orbital s merupakan bentuk orbital yang paling sederhana. Dimana setiap subkulit s terdiri atas 1 buah orbital yang berisi 2 elektron. Orbital s sendiri berbentuk seperti bola simetri yang menunjukkan bahwa setiap elektron mempunyai kerapatan yang sama, jika jarak dari inti atom juga sama. Semakin jauh letak elektron dari inti atom, maka kerapatannya juga akan semakin rendah. Nilai bilangan kuantum suatu orbital juga mempengaruhi ukuran orbital. Semakin besar bilangan kuantum utama, maka ukuran orbitalnya juga akan semakin besar.
      Sedangkan pada orbital d, setiap subkulit pada orbital d terdiri dari 5 orbital dengan bentuk kelima orbital yang tidak sama. Orientasi orbital d dilambangkan dengan dxy, dxz, dyz, dx2-y2, dan dz2. Empat orbital mempunyai bentuk yang sama dan setiap orbital mempunyai 4 lebih kepadatan elektron. Adapun perbedaannya terletak pada arah berkumpulnya kepadatan elektron. Sementara itu, orbital lainnya mempunyai bentuk yang berbeda, tetapi memiliki energi yang sama dengan keempat orbital d lainnya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIBRIDISASI KARBON, NITROGEN, DAN OKSIGEN

KLASIFIKASI SENYAWA ORGANIK

ALKOHOL, ETER, DAN SENYAWA YANG BERHUBUNGAN